-->

Mengenal Istilah Taksiran, Tampilan, Tayangan, Klik, RKT, BPK dan PPS Adsense di Aplikasi Android

Sobat Tutorial Blog!

Sebelumnya Admin sampaikan Assalaamu'alaikum Wr. Wb., semoga sobat semua ada dalam keselamatan, sehat dan tentunya berkah. Amiiin..

Kali ini Admin akan mengajak sobat untuk berbagi pengalaman tentang istilah-istilah yang ada pada Google Adsense atau pada Aplikasi Adsense android, tentu sobat sudah mendapatkan akun adsense yang disetujui penayangan iklannya baik di web/blog maupun pada youtube bahkan pada games, walaupun hal ini tentu sulit untuk mendapatkan akun adsense karena ada syarat dan ketentuan-ketentuan dari Google sendiri.


Bagi Admin pertama kali mendapatkan Akun Adsense cukup membingungkan tentang istilah-istilah dalam laporan iklan adsense pada aplikasi android yang dipasang, di sini Admin coba jelaskan tentang hal itu;

1. Taksiran Penghasilan (Estimated Earning )
Taksiran penghasilan jumlah uang yang masuk ke akun adsense kita. Pada akun adsense (Rp/rupiah) diterhitung dalam satu hari dimulai pada pukul 14.00 WIB dan berakhir pada pukul 14.00 WIB,  (jam 2 siang).

Panah hijau dibawah adalah perbandingan penghasilan pada masa sebelumnya. Jika panah berwarna hijau artinya terdapat peningkatan, jika merah maka artinya terjadi penurunan.

2. Tampilan Laman (Page Views)
Adalah jumlah iklan yang tampil, umpama iklan dipasang 2 iklan, dan laman blog tampil sebanyak 28 kali artinya pageview/tampilan laman terhitung 28 tampilan laman bukan 28 x 2 = jumlah tampilan laman.

3. Tayangan (Impressions)
Adalah tayangan laman blog yang dilihat oleh pengunjung tanpa menghitung jumlah iklan yang muncul. Misalnya tayangan blog saya sebanyak 73 perharinya, artinya 73 artikel blog saya dilihat oleh pengunjung. Hal ini bisa beda dengan tampilan iklan karena mungkin tayangan halaman 83 tapi muncul iklan 73, ini terjadi oleh banyak faktor misalnya, pengunjung menggunakan Adblock atau laman iklan yang gagal dimuat karena gangguan koneksi internet.


4. Klik (Click)
Adalah jumlah banyaknya iklan yang diklik oleh pengunjung.

Klik yang saya dapat dalam sehari adalah 0, klik dipengaruhi oleh banyaknya pageview (tampilan laman) semakin besar pageview maka peluang klik pun semakin banyak.


5. RKT LAMAN (CTR)
Adalah perbandingan antara jumlah klik dan tampilan laman yang dihitung dalam persentase.


Perhitungannya :
Jumlah klik/jumah tampilan laman*100%
Misalnya : Jumlah klik=14, tampilan laman=934
maka CTRnya adalah (14/934)x100%=1,5%

6. BPK(CPC)
Adalah BPK (Biaya perklik) adalah besaran biaya yang dikeluarkan adsense untuk 1 klik.


Misalnya dalam satu hari saya mendapat 1 klik, sementara harga iklan perklik dari adsense 99 rupiah,  maka penghasilan/estimated earning saya adalah 1x99=Rp99.
Setiap hari nilai BPK berbeda-beda, ini semua tergantung si pengiklan. 

7. PPS Laman (RPM-Revenue per thousand impression)
Adalah penayangan perseribu laman atau lebih dikenal PPS Laman, ini bisa dijadikan acuan untuk menghitung penghasilan adsense kita kedepannya. Misalnya : Dalam 1000 tampilan laman bisa menghasilkan Rp.500, maka jika memiliki 5000 tampilan laman maka kemungkinan akan menghasilkan Rp.5000.

 


Demikian istilah-istilah pada Adsense. Semoga bermanfaat....




Related Posts

 Recent

Loading...

 Recent

Loading...
Subscribe Our Newsletter